kanker otak


-->
          Kanker Otak. sebelum membahas penyakit kanker otak mari kita ulas sedikit tentang otak. Otak adalah pusat kehidupan. Segala aktivitas kehidupan, hingga yang sekecil-kecilnya, hanya bisa terjadi melalui mekanisme yang diatur oleh otak. Dalam waktu yang bersamaan otak harus menjalankan beribu-ribu aktivitas sekaligus. Saat tiba-tiba mendengar suara klakson dari belakang maka secepat kilat otak menyuruh kaki meloncat ke tepi, menyuruh leher menoleh ke belakang, menyuruh  mata membelalak, menyuruh otot-otot menegang untuk mengatasi situasi darurat, menyuruh jantung memompa darah lebih kencang, menyuruh hidung tetap bernafas, dan masih banyak lagi yang harus diaturnya, bahkan terkadang masih sempat-sempatnya menyuruh mulut memaki

      Kanker otak dikenal sebagai jenis kanker yang membunuh diam-diam. Kehadiran tumor otak kadang sulit dideteksi. Namun, gejala umum kanker otak dapat dilihat dari kepala pusing dan mual/muntah yangsering. Kanker otak biasanya juga menimbulkan tekanan dan rasa ketidakpercayaan diri pada penderita.

Penyebab kanker otak

secara umum penyebab kanker otak dapat dibagi menjadi dua kategori:

a.   Faktor dari dalam

     Penyebab utama pada faktor dalam ini adalah factor genetik/ keturunan. Pelajari riwayat hidup keluarga anda, adalah diantara mereka yang mengidap kanker otak sebegai tindakan preventif awal. Faktor kedua yang kedua adalah riwayat benturan. Jika kepala anda pernah terbentur, bisa jadi ini menyebabkan trauma pada jaringan otak, sehingga dapat menyebabkaan tumbuhnya jaringan abnormal dalam otak yang kemudian dapat berkembang menjadi kanker otak. Berhati-hatilah dan jaga kepala anda dari benturan serius

b.   Faktor dari luar

    Faktor dari luar umumnya berupa makanan dan radiasi. Selain itu, obat-obatan tertentu yang diminum secara terus-menerus juga dapat berpotensi menyebabkan kanker.

Faktor Penyebab Kanker Otak

Faktor-faktor lainnya yang perlu diwaspadai sebagai penyebab kanker otak adalah:

- Pola hidup yang kurang sehat

   Usahakan hindari rokok, makanan berlemak, kurang serat, dsb untuk pola hidup yang lebih sehat

- Bahan karsiogenik          

   Minyak goreng yang dipakai berulang-ulang dan bahan kimia yang termakan adalah bahan karsiogenik yang  berbahaya.

- Radiasi

   Hindari paparan radiasi dalam gelombang tertentu karena dapat memicu berkembangnya sel kanker

Gejala Kanker Otak

       Pada pendrita awal, ciri-ciri awal kanker otak sangat bervariasi dan sulit dideteksi, tergantung pada bagian otak mana yang terserang. Gejala umumnya adalah kepala pusing atau terasa mual. Berikut gejala lengkap kanker otak yang patut kita waspadai:

- pada bayi biasanya ubun-ubun besar menonjol

- sakit kepala disertai mual sampai muntah yang menyemprot

- daya penglihatan berkurang

- gangguan berbicara

- gangguan pendengaran

- gangguan berjalan / keseimbangan tubuh

- gangguan saraf

- anggota gerak melemah atau kejang

- penurunan kesadaran atau perubahan perilaku

       Namun, jangan dulu takut berlebihan jika anda mengalami beberapa gejala di atas, karena belum tentu anda benar terkena kanker otak. Meski begitu, ada baiknya anda memeriksakan diri langsung ke dokter ahli syaraf untuk memastikan dan memperoleh pemeriksaan yang jelas. Pemeriksaan lanjutan tersebut biasanya meliputi CT scan, MRI, angiogram, myelogram, spinal tap dan biopsi.

Mencegah terjadinya tumor/kanker otak

        Mencegah tentu sangat lebih baik daripada mengobati bukan? Penyakit kanker apapun itu, baik kanker serviks, kanker payudara, maupun kanker-kanker lainnya termasuk kanker otak ini dapat dicegah sedini mungkin agar tidak sampai terjadi kanker otak.

       Cara mencegah kanker otak adalah dengan cara hidup sehat serta mengkonsumsi makanan dan minuman yang memiliki kandungan proxeronin. Proxeronin adalah zat yang sangat baik untuk mengontrol pembelahan sek dengan sempurna. Diharapkan dengan gaya hidup sehat seperti ini bisa mencegah tumor dan kanker otak lebih awal.

Jenis-jenis pengobatan kanker otak

          Mencegah tentu langkah terbaik dan bijak, namun bagaimana bila sudah terlanjur terserang kanker otak? Tidak lain dan tidak bukan adalah dengan melakukan pengobatan kanker otak. Pengobatan kanker otak ada 2 metode. Yaitu :

Pengobatan kanker otak melalui jalan medis

          Pengobatan kanker otak melalui jalan medis ini dilakukan dengan jalan radiasi (penyinaran). Bila radiasi belum cukup untuk membunuh kanker otak maka dilanjutkan kemoterapi. Dan bila kedua langka ini belum tuntas untuk menghilangkan kanker otak maka perlu dilkukan langkahh terakhir.

       Langkah terakhirnya adalah dengan dilakukannya operasi pengangkatan kanker otak. Yaitu pengangkatan jaringan-jaringan otak yang terkena kanker otak. Tujuan dari pengobatan kanker otak dengan jalan medis ini adalah merusak dan membunuh kanker otak sehingga tidak tumbuh lagi.

Pengobatan kanker otak melalui jalan alternatif

         Ada banyak sekali pengobatan alternatif untuk menangai kanker otak. Namun pengobatan alternatif kanker otak yang saat ini banyak diminati adalah dengan pengobatan herbal. Tidak lain karena selain jauh lebih murah, terbukti efektif dan namun juga minim sekali resiko.

         Alam menyediakan banyak sekali tumbuhan atau bahan-bahan herbal untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit termasuk untuk menyembuhkan penyakit kanker otak ini. Salah satu yang terbukti ampuh untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit adalah Sarang Semut.

         Berdasarkan hasil penelitian ilmiah yang dari Pusat Bioteknologi LIPI menyebutkan bahwa sarang semut mengandung senyawa-senyawa aktif yang banyak dikenal dalam dunia medis untuk berbai macam penyakit termasuk penyakit kanker dan kanker otak khususnya.

      Jika anda atau kerabat ada yang sudah terlanjur kena kanker otak, sekarang pilihan ada ditangan anda. Memilih pengobatan kanker otak dengan jalan medis atau memilih pengobatan dengan jalan alternatif herbal yang terbukti efektif, aman dan murah.

       Akhirnya semoga kita semua terhindar dari segala jenis kanker, kanker otak khususnya. Dan bagi yang terkena kanker otak semoga diberikan kesembuhan dari kanker otak ini, amiinn.

       Tumor otak merupakan salah satu penyakit yang menyerang otak. Dikarenakan otak merupakan salah satu organ tubuh yang paling penting, organ lainnya dapat terganggu, sehingga kematian dapat terjadi. Tumor otak bisa menyerang siapa saja, bahkan anak-anak dan remaja, namun pada umumnya tumor menyerang orang usia produktif atau dewasa.

      Walaupun mematikan, tumor otak tidak selalu mengakibatkan kematian. Saat ini ilmu kedokteran telah berkembang pesat, teknik diagnostik dan pengobatan telah memberikan harapan hidup bagi para pasien tumor otak.

      Beberapa faktor yang memengaruhi prognosa (harapan hidup) penderita tumor otak antara lain; kemampuan deteksi dini; kemampuan mengetahui dengan tepat lokasi tumor di otak; keunggulan teknologi diagnostik dan terapi (operasi) seperti CT-Scan, MRI (Magnetic Resonance Image),mikroskop.



0 comments:

Posting Komentar