Asal mula Cepu


     Disebutkan saudara-saudara pangeran benawa yang berada di luar kadipaten panolan, yaitu pangeran giri kusuma dan Pangeran Giri Jati bersepakat mengadakan pemberontakan. Maksud dan tujuan dari perbuatan tersebut adalah untuk member pelajaran kepada Pangeran Benawa yang sudah tidak bisa diberi pengertian akan perbuatan kurang terpuaji yang dilakukannya. Aksi pemberontakan pun segera dilancarkan.
      Pasukan Kadipaten Panolan yang dipimpin langsung oleh Pangeran Benawa sudah sampai di tepi sungai sala. Akan tetapi baru mau bergerak lebih lanjut, pasukan gabungan yang dipimpin oleh Pangeran Giri kusuma dan Giri Jati sudah siap memukulnya. Akhirnya Pangeran Benawa terkurung dalam lembah yang dalam dan berlumpur.
     Pangeran Benawa tidak dapat bergarak karena kakinya terbenam dalam lumpur panas sampai diatas lutut (sadhuwuring pupu). Oleh karena itu tempat tersebut kemudian diberi nama Cepu, berasal dari kata ‘mancep sepupu’ .
     Oleh karena sudah tidak bisa bergerak, terpaksa Pangeran Benawa menyerah kepada kedua adiknya. Di tempat itu dia berjanji akan mematuhi nasehat-nasehat saudara-saudaranya.
(Khasanah Legenda Blora, an,tt)


Sumber: 
Ariani, Christriyati,
2007, Penelusuran Dan Pengkajian Cerita Rakyat di Kbupaten Blora. Blora: Kantor Pariwisata dan Kebudayaan

0 comments:

Posting Komentar